banner 728x90

Polres Malang Masuk 12 Peraih Penghargaan Pelayanan Prima Predikat A 2020

  • Bagikan
banner 728x90

Jakarta, MitraKepolisian – Polres Malang, Jawa Timur berhasil meraih penghargaan Pelayanan Publik Terbaik Kategori Pelayanan Prima 2020 dengan Predikat A dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

Penyampaian Hasil Evaluasi dan Pemberian Penghargaan Pelayanan Publik Lingkup Polres/Polresta/Polrestabes/Polres Metro Tahun 2020 tersebut dilaksanakan di Ruang Rapat Utama Markas Besar Polri Jakarta, dengan penerapan protokol kesehatan yang ketat.

banner 728x90

Dalam acara penghargaan itu, para Kapolres dan jajarannya yang hadir secara langsung maupun secara virtual mendapat arahan dari Wakil Presiden K.H Ma’ruf Amin.

Acara tersebut juga dihadiri oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit, Kepala BNN Komjen Petrus Heinhard Golose, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, serta Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Komjen Firli Bahuri, Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa, dan sejumlah tokoh lainnya.

“Selamat kepada Polres yang mendapatkan penghargaan, prestasi ini merupakan kepercayaan masyarakat terhadap pelayanan Polri, maka dari itu tingkatkan pelayanan Polri dalam melayani masyarakat,” ujar Wakil Presiden Kiai Maruf Amin.

Dalam situasi pandemi, lanjut Kiai Maruf, banyak sendi-sendi kehidupan mengalami kelumpuhan. Program pemerintah ke depan akan dilakukan vaksinasi massal dan merupakan vaksinasi terbesar.

“Vaksinasi Covid 19 sifatnya wajib bagi mereka yang tercatat dalam pendataan, Polri dan jajaran Kepolisian untuk mengawal penuh dalam pelaksanaan vaksinasi, tugas ini jangan sampai gagal dan harus berjalan dengan tuntas,” imbuhnya.

Melaksanakan vaksinasi menurut Wakil Presiden sesuai dengan Pancasila Sila ke-3, Polri sebagai lembaga penegak hukum dapat memberi contoh dalam penegakan hukum dan untuk membangun budaya integritas.

“Semangat dan berkarya dalam kemajuan Indonesia, serta selalu menerapkan disiplin,” tutup KH. Ma’ruf Amin.

Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo mengharapkan, agar prestasi 12 satuan kerja Polres ini bisa memotivasi yang lain, sehingga Polri secara nasional bisa seragam memberi pelayanan prima kepada masyarakat.

“Ke depan seperti tadi saya sampaikan bisa dilakukan secara nasional, tidak hanya sampai di level Polres saja, tapi Polda pun juga harus bisa. Dan Mabes Polri juga, sehingga yang diberikan tidak bersifat parsial tapi semua merasakan standar kualitas yang sama, kualitas prima yang sama,” tegas Jenderal Sigit.

Untuk itu, ia meminta minta semua jajarannya segera menyiapkan roadmap dalam memberikan pelayanan publik.

“Oleh karena itu tolong ini disiapkan roadmap nya, kemudian tahapan-tahapan pencapaiannya, sehingga kemudian semuanya bisa diukur,” ujar Jenderal Sigit.

Kapolri Jenderal Pol. Drs. Listyo Sigit Prabowo, M.Si

“Saya ucapkan apresiasi dan terimakasih kepada 12 Polres yang mendapat penghargaan, semoga menjadi pemicu kepada yamg lain, terimakasih kepada KemenPAN-RB yang sudah membantu kami dalam peningkatan pelayanan publik,” ungkapnya.

Sementara Ketua KPK Komjen Pol Firli Bahuri menmbahkan, permasalahan bangsa saat ini adalah bencana alam dan bencana non alam, dimana bencana non alam termasuk permasalahan narkotika dan terorisme.

“KPK dibantu oleh MenPAN-RB dan Kapolri untuk melakukan pencegahan agar tidak terjadi Korupsi, Kolusi dan Nepotisme. Ada 12 Polres yang menyandang Pelayanan Prima, saya menyampaikan apresiasi. Mengejar predikat tidaklah sulit, yang paling sulit adalah mempertahankan predikat,” ujar Ketua KPK.

Deputi Pelayanan Publik Kementerian PAN RB Diah Natalisa menerangkan, evaluasi dilakukan pada 209 pelayanan publik di Polres berbagai daerah. Ada enam aspek yang menjadi dasar penilaian berdasarkan Peraturan Menteri PAN RB No. 17/2017. Enam aspek tersebut adalah, kebijakan pelayanan, profesionalisme SDM, sarana prasarana, sistem informasi pelayanan publik, konsultasi dan pengaduan, serta inovasi pelayanan publik.

Setiap unit pelayanan Polres, khususnya layanan SIM dan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) diharapkan selalu meningkatkan kualitas layanan. Terutama di masa krisis seperti ini, layanan kepolisian harus adaptif terhadap segala jenis perubahan. “Peningkatan kualitas pelayanan publik adalah simbol komitmen kuat kepolisian untuk terus hadir bagi masyarakat,” pungkas Diah.

Adapun MenPAN-RB Tjahjo Kumolo menyampaikan, Visi Misi Jokowi-Ma’ruf adalah Demokrasi dan Birokrasi. Kepolisian harus mampu mengorganisir masyarakat.

“Mitra kita KPK dalam pemberantasan korupsi sesuai program Presiden dan penanganan pemberantasan narkotika oleh BNN. Sesuai program Presiden bahwa memangkas birokrasi yang panjang menjadi pendek sehingga pelayanan semakin lebih cepat,” jelas Tjahjo Kumolo.

12 Polres Penerina Penghargaan Pelayanan Prima Predikat A 2020:

Polrestabes Bandung

Polrestabes Palembang

Polrestabes Surabaya

Polresta Banyuwangi

Polresta Cirebon

Polresta Malang Kota

Polresta Pekan Baru

Polresta Sidoarjo

Polres Gresik

Polres Kulon Progo

Polres Malang

Polres Sleman

  • Bagikan
banner 728x90