banner 728x90
Berita  

Y-AMI GELAR KHITANAN SPESIAL ABK MENYAMBUT HARI ANAK INDONESIA

SIDOARJO, MITRAKEPOLISIAN – Yayasan Ananda Mutiara Indonesia (Y-AMI) kembali menggelar Khitanan Massal Special untuk Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) pada Minggu 13 Juni 2021.

Khitanan Massal Spesial untuk ABK ini adalah yang ketujuh kali digelar Y-AMI. Adapun kegiatan kali ini dalam rangka peringatan Hari Anak Indonesia pada 23 Juli 2021.

Ketua Umum dan Founder Y-AMI, Yenni Darmawanti SE mengatakan, khitanan kali ini diikuti 59 ABK dengan berbagai ragam disabilitas dari Kabupaten Sidoarjo dan daerah sekitarnya.

“Alhamdulillah, Barokalloh, acara khitanan yang kami selenggarakan dapat berjalan dengan lancer sesuai protokol kesehatan Covid-19,” ujarnya.

Yenni berharap dapat istiqomah menyelenggarakan acara khitanan massal untuk membantu para ABK dan keluarganya.

“Untuk anak-anak, kami berharap akan banyak dukungan baik dari pihak Pemerintah Kabupaten Sidoarjo maupun dari masyarakat lain untuk tetap peduli,” ujar Yenni.

Ia juga berharap agar khitanan massal bisa diselenggarakan di berbagai daerah lain dengan jumlah peserta yang semakin banyak.

Khitan ini biasanya diikuti oleh anak dengan ragam disabilitas, seperti CP, autisme, down syndrome, slow learner dan kebutuhan khusus lainnya. Selain itu, khitan yang dilakukan juga bersifat lintas agama.

“Khitan ini juga diikuti oleh ABK non muslim. Jadi lintas agama tetap kita upayakan semua dapat hak-hak kesehatannya untuk berkhitan, ABK bisa menjadi lebih sehat,” jelas Yenni.

Hambatan dan Kesulitan

Yenni menambahkan, khitan untuk keluarga ABK selain berat dari biaya juga banyak yang mengalami kesulitan.

Kesulitan terjadi ketika anak tidak kooperatif, bahkan ada anak yang sudah 3 kali dibawa ke fasilitas kesehatan untuk disunat namun berhasil kabur.

“Makanya, khitan untuk anak ABK itu berbeda dengan anak biasa, perlu penanganan khusus dari dokter yang khusus pula,” pungkas Yenni.

Sebelumnya, yayasan yang berdiri sejak Desember 2019 ini telah menyelenggarakan enam acara serupa yang dlaksanakan di Kabupaten Sidoarjo dan Ponorogo.

Acara khitanan dilaksanakan pada Minggu (13/6/2021) di Perum Taman Puspa Anggaswangi, Kecamatan Sukodono, Sidoarjo dan diikuti 59 ABK dari ragam disabilitas.

Adapun pihak-pihak yang telah berpartisipasi diantaranya: Rumah Khitan Dr Sony, Nurul Hayat Sidoarjo, Precise Shoes, Peace and Love Jatim, Komnas Perlindungan Anak Indonesia, Dny Skincare Product dan segenap Donatur/Relawan yang tidak dapat disebut satu persatu.

banner 728x90