banner 728x90
Berita  

WARGANET KOTA PROBOLINGGO TERTIPU HOAKS LOWONGAN KERJA PUSKESMAS JATI

Probolinggo, MitraKepilisian – Sejumlah Warganet Kota Probolinggo tertipu oleh informasi hoaks adanya lowongan kerja (lowker) perekrutan pegawai Puskesmas Kelurahan Jati, Kecamatan Mayangan, Kota Probolinggo.

Informasi bohong itu telah memakan korban sebanyak 13 orang. Mereka ada yang mentransfer uang Rp50 ribu yang katanya untuk biaya vaksinasi ke rekening BCA atas nama Choirul Anwar.


Sementara admin dalam akun penyebar hoaks itu tercantum atas nama Ibu Ika, dan melakukan chat langsung dengan korban melalui WhatsApp.

Penipuan berkedok lowker itu baru terbongkar setelah para korban datang langsung ke Puskesmas, dan meminta penjelasan terkait adanya perekrutan karyawan Puskesmas Jati.

“Kami memastikan kabar tersebut hoaks alias bohong. Kami sudah melakukan koordinasi kepada pihak Diskominfo Kota Probolinggo untuk melakukan take down postingan tersebut,” ujar Kepala Puskesmas Jati, Endah Ayu Lestari, Kamis (1/7/2021).

Postingan informasi hoaks itu sempat dishare seorang warganet dengan akun media sosial bernama MH. Ia lantas meminta maaf karena khilaf melakukan share informasi yang belum jelas kebenarannya.

“Saya dapat DM dari Instagram kemudian saya share ke group info loker di FB. Saya tidak mengenal akun di Instagram itu, saya langsung share aja dan ternyata info itu hoaks alias bohong,” kata MH.

“Saya meminta maaf pada para korban dan warganet yang sudah terlanjur mentransfer sejumlah uang kepada nomor akun yang tertera di info tersebut. Untuk selanjutnya saya akan lebih berhati-hati lagi dalam ngeshare informasi di medsos,” ujarnya dengan penuh penyesalan.

Tim kreatif Puskesmas Jati, Ratih Damayanti, mengaku tak tinggal diam. Ia langsung melakukan koordinasi dengan Diskominfo untuk menangkal berkembangnya informasi hoaks tersebut.

“Kerugian kita karena bawa-bawa nama Puskesmas Jati,” tandas Ratih.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
banner 728x90