banner 728x90

Kenali 6 Jenis Casing HP Ini Sebelum Membelinya

Jakarta (MitraKepolisian) – Menggunakan smartphone setiap saat dapat menyebabkannya rentan jatuh, terkena air, debu, atau kotoran lain yang menjadikannya cepat rusak.

Agar tetap awet gawai kesayangan perlu mendapat perlindungan, yaitu dengan memasang casing atau case. Tipe casing HP banyak dan menarik sehingga perangkat terlihat lebih keren.

Memilih casing tidak boleh sembarangan. Selain bahannya harus kuat dan dapat melindungi dengan sempurna, juga pastikan model dan ukurannya pas. Jika tidak, maka proteksinya kurang maksimal. Bahkan justru dapat menimbulkan kerusakan karena goresan dengan bagian HP.

Jenis-Jenis Case HP yang Paling Populer Tahun 2022

Trend casing HP berkembang sangat pesat. Saat ini tersedia desain yang elegan sampai unik serta kekinian. Bahannya pun bervariasi ada yang terbuat dari karet, plastik, silikon dan kulit.

Memilih jenis case HP yang bagus cukup mudah. Namun yang pasti sesuaikan dengan bentuk smartphone. Anda juga dapat memilih casing berdasarkan gaya sehari-hari. Cara perawatan yang tepat dapat membuatnya awet dan menjadikan tampilan HP semakin menarik.

Berikut jenis yang bisa menjadi pilihan:

1. Casing Rugged

Jenis ini memberi proteksi sangat kuat ketika tidak sengaja HP terjatuh atau terbentur. Bodi perangkat akan tetap terjaga dan tidak mudah terlepas karena terdapat grid atau cengkeraman. Bagian sudut dan kantong udara mempunyai desain lebih kuat sehingga memberi proteksi ekstra.

Harga jenis ini cukup mahal karena mempunyai kualitas premium dengan model elegan. Tidak sedikit produsen yang memproduksi dengan standar tentara USA.

Proteksinya bisa melindungi HP dari debu, air, benturan dan getaran, goncangan dan butir pasir yang mungkin merusak. Fiturnya juga menarik.
Karena terbuat dari bahan yang kuat, casing rugged lebih berat dibanding jenis lainnya.

Kesan setelah terpasang pada HP menjadikannya lebih tebal dan berat. Kelemahan lain, akses tombol yang terletak di bagian sisi mungkin sedikit terganggu.

2. Casing flip atau folio

Tipe casing HP flip terlihat sangat mewah karena biasanya terbuat dari bahan kulit. Soal harga, memang lebih mahal namun perlindungannya maksimal. Biasanya produsen melengkapi dengan beberapa slot yang berfungsi untuk menyimpan kartu dan uang. Jadi sangat praktis. Bahan lain untuk membuatnya adalah polyurethane.

Bentuk casing jenis ini dapat melindungi bagian belakang dengan sempurna. Sayangnya untuk bagian sudut kadang ada yang sedikit terbuka sehingga kurang aman. Sebagai pengunci biasanya terdapat magnet, karet atau tab.

Fitur tambahan yang sering ada dan membuat banyak pengguna menyukainya adalah pengatur mode. Pada saat casing tertutup maka otomatis HP akan masuk mode tidur. Sebaliknya, begitu terbuka dapat berpindah ke mode aktif atau hidup.

3. Casing fuze

Jika ingin mempunyai casing yang unik dan tidak biasa, ini salah satu pilihannya. Bahan case HP yang bagus ini terbuat dari campuran beberapa macam jadi modelnya bisa menyesuaikan. Untuk bagian HP yang membutuhkan perlindungan ekstra, terlindungi dengan bahan keras.

Karena bahan penyusunnya dari beberapa jenis, perlindungannya cukup maksimal. Bagian yang membutuhkan kelenturan terbuat dari bahan elastis. Sedangkan silikon yang menjadi salah satu pembuatnya biasa melindungi bagian bezel. Soal bentuk dan keindahan, jenis ini paling juara.

4. Hard case

Seperti namanya, casing jenis ini terbuat dari bahan yang cukup keras, yaitu polycarbonate atau PC. Sekilas hampir sama dengan plastik namun lebih solid dan memberikan perlindungan maksimal.

Banyak yang menjual casing jenis ini dengan desain unik karena bahannya sempurna menyerap tinta. Jadi bisa menambahkan gambar keren. Kelebihan lainnya adalah bobotnya ringan dan penghantar panas yang baik sehingga melindungi HP dari overheat.

5. Slim case

Bahan pembuatnya biasanya dari karet yang kurang berkualitas sehingga harganya cukup murah. Namun menggunakannya bisa memberikan proteksi pada bagian belakang HP yang lumayan bagus. Ukurannya tipis sehingga ringan.

Beberapa produsen membuatnya dari bahan plastik keras yang mudah pecah ketika terjatuh. Jadi tidak bisa memberikan perlindungan maksimal. Setidaknya, casing jenis ini bisa menjaga HP agar tidak mudah tergores yang bisa merusak bodinya.

6. Casing tough

Salah satu nama casing HP yang lagi trend adalah tough. Bahannya dari plastik yang sangat kuat sehingga susah untuk hancur. Proteksinya double karena terdapat penutup luar dari polycarbonate dan bagian dalam berupa lapisan silikon.

Kemungkinan terjatuhnya HP saat digunakan kecil karena case ini nyaman digenggam. Smartphone juga tidak menjadi tebal atau berat karena bahannya tipis dan ringan. Anda juga tetap bisa mengakses semua tombol navigasi dengan mudah.

Casing HP bukan hanya membuat penampilannya menjadi terlihat lebih keren dan unik, namun mempunyai banyak manfaat lain. Salah satunya membuat bodinya menjadi awet karena terhindar dari lecet dan goresan.
Selain itu juga bisa menjaga dari pencuri.

Penggunaan case yang berat akan membuat pengguna merasa ketika ada pencuri yang mengambilnya dari tas atau saku.

Sebelum membeli case, pastikan sesuai dengan tipe HP. Sebagai contoh untuk tipe Poco F4 GT, maka harus menggunakan casing khusus untuk smartphone tersebut. Jika memaksakan menggunakan tipe lain maka tidak akan memberikan perlindungan maksimal bahkan merepotkan ketika akan mengakses port yang tersedia.

Kelebihan Poco F4 GT keluaran dari Xiaomi ini adalah layarnya amoled, prosesnya Snapdragon 8 Gen 1 dan suara stereo. Selain itu juga terdapat fitur fast charging 120 watt yang menjadikan pengisian baterai super cepat.

Fitur Poco F4 GT yang keren menjadikannya sebagai smartphone pilihan. Anda bisa membeli Poco F4 GT di Blibli, marketplace yang menyediakan smartphone terbaik.

Blibli menyediakan berbagai macam model, motif dan jenis casing dengan harga sesuai kualitas.

Banyaknya tipe casing HP memberi kemudahan pengguna untuk memilih berdasar keinginan. Pastikan bisa melindungi semua bagian perangkat dengan sempurna agar tidak cepat rusak.

banner 728x90