banner 728x90

Irjen Pol. Nana Sudjana, Sempat Diberhentikam Sebagai Kapolda Metro, Kini Mengemban Amanat Sebagai Kapolda Sulut

Irjen Pol. Nana Sudjana

Jakarta, MitraKepolisian -Irjen Pol. Drs. Nana Sudjana, MM adalah satu dari perwira tinggi Polri yang dilantik oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo sebagai Kapolda.

Berdasarkan Surat Telegram Rahasi (STR) bernomor ST/318/III/KEP./2021 tertanggal 18 Februari 2021 Irjan Nana Sudjana diberi amanah untuk menjadi Kapolda Sulawesi Utara.


Perjalanan karier Irjen Nana Sudjana termasuk penuh liku. Terutama ketika ia pernah diberhentikan sebagai Kapolda Metro Jaya saat ramai kerumunan massa di petamburan belum lama setelah Habib Rizieq Shihab pulang dari Arab.

Irjen. Pol. Drs. Nana Sudjana, M.M. (lahir di Cirebon, Jawa Barat, 26 Maret 1965; umur 55 tahun) adalah seorang perwira tinggi Polri.

Sebelum dimutasi menjadi Kapolda Sulawesi Utara, Irjen Pol Nana Sudjana menjabat sebagai Koordinator Staf Ahli Kapolri di Mabes Polri sejak 16 November 2020.

Nama Nana Sudjana sempat menjadi sorotan setelah dicopot sebagai Kapolda Metro Jaya pada November 2020.

Pencopotan Nana Sudjana diduga terkait dengan pembiaran kerumunan massa Rizieq Shihab di Petamburan, Jakarta.

Nana Sudjana lulusan Akademi Kepolisian RI tahun 1988 dan berpengalaman di bidang intel. Sebelumnya, ia pernah menduduki jabatan diantaranya Kapolresta Solo pada 2010 yang saat itu Wali Kotanya adalah Jokowi.

Nana Sudjana kemudian digantikan Listyo Prabowo yang kini menjadi Kapolri. Dari Solo, ia ditarik menjadi Dirintelkam Polda Jateng tahun 2011.

Lalu beralih Analis Utama Tk. I Baintelkam Polri pada 2012 dan Analis Kebijakan Madya bidang Ekonomi Baintelkam Polri pada 2013.

Pada 2014, Nana Sudjana menjadi Dirintelkam Polda Jawa Timur. Ia juga pernah menjadi Wakapolda Jambi pada 2015 dan Wakapolda Jawa Barat pada 2016.

Jenderal bintang dua ini juga pernah menjabat sebagai Kapolda Nusa Tenggara Barat (NTB) sejak Mei 2019.

Pada 7 Januari 2020, Nana Sujana mengemban amanat sebagai Kapolda Metro Jaya ke-39 menggantikan Gatot Eddy Pramono yang dilantik sebagai Wakapolri.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
banner 728x90