banner 728x90
Berita  

LSM LIRA Dukung Bupati Simalungun Tingkatkan PAD

Bupati LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Simalungun, Hotman Petrus Simbolon beserta jajaran saat audiensi dengan Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga, Jumat (28/5/2021)

SIMALUNGUN, MITRAKEPOLISIAN – Bupati LSM LIRA (Lumbung Informasi Rakyat) Kabupaten Simalungun, Hotman Petrus Simbolon mengapresiasi Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga yang telah berupaya meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) Somalungun.

“Kita tahu bahwa Kabupaten Simalungun sangat luas terdiri dari 32 kecamatan sehingga perlu menggali sumber-sumber PAD,” ujar Hotman di Pamatangraya, Minggu (30/5/2021).


Hotman menjelaskan, lembaga eksekutif harus proaktif menggali potensi sumber daya untuk peningkatan PAD.

Terlebih Kabupaten Simalungun memiliki cukup banyak aset yang belum difungsikan. Ketika aset tersebut dimanfaatkan, akan berdampak positif terhadap penambahan PAD.

“PAD menjadi acuan pada pos APBD. Untuk mensinergiskan pemerataan pembangunan maka perlu peningkatan PAD pada tahun-tahun mendatang,” katanya.

Hotman mengaku sudah menyampaikan berbagai terobosan yang bisa dilakukan Pemkab Simalungun untuk peningkatan PAD. Bahkan hal itu disampaikan langsung kepada Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga saat audiensi, pasa Jumat, 28 Mei 2021 di ruangan kantor dinas Bupati Simalungun.

Menurut Hotman, diperlukan ekstensifikasi dan intensifikasi terhadap pajak daerah, retribusi sampah, dan monitoring evaluasi pajak ABT dalam kerjasama kepada Perumda Tirtauli, yang mana Sumber Air suatu kekayaan daerah Simalungun.
Sektor pariwisata juga penyumbang PAD Simalungun terbesar.

“Untuk itu, hendaknya Pemkab Simalungun bersama lembaga eksekutif, Dinas Pariwisata secepatnya menggelar Rapat monitoring sehingga dapat memenuhi ketetapan. Bentuk keseriusan pengelolaan objek-objek wisata yang baik bagian mendorong peningkatan pendapatan daerah,” imbuhnya.

Pemkab Simalungun juga diminta lebih proaktif dalam hal penagihan pajak dan bila perlu menerapkan teknologi informasi.

“Dengan demikian objek pajak yang belum terdaftar dapat terjangkau oleh Pemerintah Kabupaten Simalungun,” cetus Hotman. (LN.Ib)

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
banner 728x90