banner 728x90
Berita  

Walikota Probolinggo Minta Anggaran Perdian DPRD Dialihkan untuk Penanganan Covid

Probolinggo, MitraKepolisian – Walikota Probolinggo Habib Hadi Zainal Abidin meminta agar anggaran perjalanan dinas DPRD Kota Probolinggo sebesar Rp3,8 miliar dialihkan (refocusing) untuk penanganan pandemi Covid-19.

Rencana itu disampaikan Habib Hadi kepada Ketua DPRD Kota Probolinggo dalam rapat non formal di ruangan Puri Manggala Bakti, Kota Probolinggo, Senin (12/7/2021).

Walikota Probolinggo sebenarnya mengundang Ketua DPRD beserta Wakil Ketua 1 dan 2. Namun yang hadir hanya Ketua DPRD, yakni Abdul Mujib, sementara dua wakil ketua tidak hadir karena ada halangan.

“Kami sudah sampaikan sesuai harapan, kami minta anggaran perdin itu bisa di refocusing untuk kegiatan kemanusiaan yaitu penanganan kesehatan selama Pademi di Kota Probolinggo,” kata Habib Hadi.

Dalam perhitungan Walikota Probolinggo, kegiatan perdin itu sebesar Rp1 miliar untuk kebutuhan satu bulan.

“Namun karena bulan ini (Juli) tidak ada kegiatan sampe Agustus nanti, jika PPKM Darurat nggak diperpanjang. Maka anggaran selama dua bulan itu yang bisa di-refocusing sekitar Rp3.8 miliar,” Kata Habib Hadi.

Adapun total anggaran perdin itu sebesar Rp5.8 miliar. Hanya saja penentuan jumlah pastinya yang akan di refocusing masih menunggu kesepakatan dengan DPRD Kota Probolinggo.

Ia melanjutkan, sebenarnya sudah ada keputusan dalam rapat bersama dengan Ketua DPRD, dan pihak Pemkot Probolinggo juga telah mengirim surat pada Jumat (9/7/21) ke DPRD terkait rencana refocusing anggaran.

“Tapi ternyata hasilnya masih nunggu dirapatkan lagi di DPRD. Kita tunggu aja mudah-mudahan ada kabar baik dari Dewan,” tuntas Habib Hadi.

Di sisi lain, Ketua DPRD Kota Probolinggo, Abdul Mujib mengatakan, pihaknya siap bila anggaran perjalanan dinas DPRD Kota Probolinggo di refocusing untuk kemanusiaan.

“Namun tentunya, kita masih akan menggelar rapat dengan anggota membahas nominal yang bisa untuk di recofusing,” tandanya.

banner 728x90