banner 728x90

TGB Zainul Majdi Jelaskan Waktu Turunnya Malam Lailatul Qadar

Jakarta (MitraKepolisian) – Bulan Ramadhan merupakan bulan yang paling ditunggu umat Muslim di seluruh dunia. Sebab, di bulan Ramadhan terdapat satu malam yang lebih baik dari seribu bulan, yaitu malam Lailatul Qadar. Malam lailatul Qadar ini merupakan satu opportunity bagi umat Muslim.

Hal ini diungkapkan oleh Tuan Guru Bajang Muhammad Zaninul Majdi, pada talkshow ngabuburit bersama BKN PDI Perjuangan bertajuk “Hikmah Malam Lailatul Qadar”.


“Malam Lailatul Qadar merupakan satu opportunity dalam Ramadhan, dan kesempatan yang sangat mahal yang diberikan Allah swt., itu lebih baik dari seri bulan”, jelas TGB, dalam keterangan diterima Sabtu (30/4/2022).

Mengapa malam Lailatul Qadar begitu dinantikan? TGB menjelaskan, salah satunya adalah pada malam Lailatul Qadar ada peristiwa yang sangat penting bagi sejarah perjalanan umat Islam, yaitu diturunkannya Al-Qur’an dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Ijjah.

“Dikatakan istimewa karena misalnya disampaikan bahwa pada malam Lailatul Qadar itu turunnya Al-Qur’an dari Lauhil Mahfudz ke Baitul Ijjah”, lanjut TGB.

Lebih lanjut TGB menjelaskan, keistimewaan lainnya adalah pada Malam Lailatul Qadar merupakan momen Allah swt. menetapkan takdir perjalanan setiap umat manusia pada satu tahun yang akan datang. Jadi Malam Lailatul Qadar ini merupakan momen yang sangat krusial dan simbolik.

“Kemudian pada malam Lailatul Qadar itu juga ada penetapan tentang satu tahun yang akan datang, tentang semua makhluk termasuk takdir kita di dalamnya”, jelas TGB.

TGB kemudian mengurai tentang penetapan takdir untuk seluruh umat manusia, bahwa salah satu derivasi dari malam Lailatul Qadar adalah ‘attakdir’, yang berarti satu ketetapan, atau makna lainnya adalah satu kemuliaan.

“Memang Lailatul Qadar itu bisa diambil dari ‘attakdir’, yaitu ketetapan. Lalu juga bisa bermakna ‘al-qadru asy-syaraf’ yang berarti satu kemuliaan”, jelas TGB.

Kemuliaan malam Lailatul Qadar ini merupakan deretan sejarah perjalanan krusial umat Islam yang kemuliaannya tidak hanya atas dasar klaim manusia. TGB menjelaskan bahwa kemuliaan Malam Lailatul Qadar ini langsung disampaikan Allah swt. melalui firman-Nya, “kemuliaan malam Lailatul Qadar klaimnya langsung dari Allah swt.”, lanjut TGB.

Sementara itu, TGB memberikan gambaran terkait kapan waktu datangnya Malam Lailatul Qadar. Beliau menjelaskan, berdasarkan penafsiran para ulama ‘atas’ hadis Rasulullah saw. adalah malam Lailatul Qadar turun pada sepuluh malam terakhir di bulan Ramadhan.

“Rasul sendiri menyampaikan untuk bersungguh-sungguh mencari malam Lailatul Qadar pada sepuluh malam terakhir bulan Ramadhan”, jelas TGB.

Lebih lanjut TGB menjelaskan untuk bersungguh-sungguh mencari malam Lailatul Qadar pada malam-malam Ganjil. Lebih spesifik lagi, TGB mengutip perkataan ulama yang menguatkan pendapat Ibnu Abas untuk lebih bersung-sungguh lagi pada malam 27 bulan Ramadhan.

“Para ulama menganjurkan untuk mencari pada malam-nalam ganjil seperti 21, 23, 25 dan seterusnya. Sebagian ulama lagi memperkuat pandangan Ibnu Abbas bahwa Lailatul Qadar turun pada tanggal 27 bulan Ramadhan”, pungkas Tuan Guru Bajang.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
banner 728x90