banner 728x90

Makin Matang di Usia 17 Tahun, LSM LIRA Kejar Rekor Dunia Guiness Book of Record.

Jakarta (MitraKepolisian) – Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-17 Tahun Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informan Rakyat (LIRA) yang Jatuh pada 19 Juni setiap tahun (2005 – 2022), bertepatan dengan Hari Ulang Tahun Presiden LSM LIRA HM Jusuf Rizal selaku Pendiri dan Penggagas LSM LIRA.

Jusuf Rizal mengatakan, Organisasi LSM LIRA didedikasikan untuk membantu pemerintah dalam rangka mendorong pemerintahan yang bersih dan berwibawa (Clean and Good Governance).

LSM LIRA juga turut memerangi praktik abuse of power (penyalahgunaan wewenang), termasuk di dalamnya Praktik Korupsi, Kolusi, dan Nepotisme (KKN).

“Untuk itu, LSM LIRA di seluruh Indonesia merupakan mitra pemerintah (pro pemerintah), namun tetap kritis dan konstruktif,” jelas Jusuf Rizal.

Ia juga menjelaskan, perjalanan membangun eksistensi LSM LIRA hingga berusia 17 tahun, tentu bukan mudah, apalagi LSM LIRA merupakan organisasi independen yang belum tentu disukai oleh semua pihak karena ketajamannya mengawasi dan mengoreksi berbagai kepentingan banyak pihak, khususnya terkait dengan KKN (Abuse of Power).

“Namun dengan semangat para kader, kami patut syukuri, sebab hingga di usia remaja (sweet seven teen), LIRA justru makin kokoh dan diminati, dihargai kawan maupun lawan,” tegas Jusuf Rizal.

Selanjutnya Jusuf Rizal mengingatkan saat ini bangsa Indonesia memasuki era revolusi industri dengan berbagai tantangan masa depan yang tidak mudah.

Sebagai Presiden LSM LIRA, Jusuf Rizal menghimbau agar para kader di seluruh daerah merapatkan barisan serta senantiasa mendukung program pemerintah, namun tetap kritis dan konstruktif.

“LSM LIRA harus dapat menjadi contoh serta di garda depan membantu program pemerintahan Jokowi – KH Ma’ruf Amin demi kemajuan pembangunan, keadilan dan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesa,” jelasnya.

Justru Rizal yang juga Ketua Umum DPP Partai Swara Rakyat Indonesia (Parsindo) menjelaskan LSM LIRA adalah organisasi besar dan akan terus membesar seiring dengan kemajuan zaman.

Jika saat ini, LSM LIRA berhasil meraih Rekor MURI sebagai satu satunya LSM terbesar dan terbanyak cabangnya di Indonesia (2009 2022 berada di 34 Provinsi dan 470 Kabupaten Kota, maka kini LSM LIRA mengembangkan sayap jaringan ke Luar Negeri, seperti di Malaysia, dan negara lainnya.

“Ke dapan LSM LIRA akan berupaya memperoleh Guiness Book of Record (Rekor Duma sebagai LSM terbesar di dunia),” tandasnya.

Untuk itu, Jusuf Rizal meminta seluruh kader dan pengurus mulai dari Wakil Presiden, Menteri, Gubernur. Bupati, Walikota, Camat dan Lurah (Kepala Desa) LSM LIRA mengkonsolidasikan diri agar apa yang menjadi Program Repelita (Rencana bangan Lima Tahun) LSM LIRA dapat terwujud.

banner 728x90