banner 728x90

Survei LSI: Public Trust Kejaksaan Konsisten Teratas

JAKARTA – Kinerja Kejaksaan Agung (Kejagung) di bawah komando Jaksa Agung ST Burhanuddin terus mendapatkan kepercayaan masyarakat. Hasil jajak pendapat terbaru Lembaga Survei Indonesia, public trust terhadap Korps Adhyaksa masih tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain.

Menurut Direktur Eksekutif LSI Djayadi Hanan, selain ada peningkatan kepercayaan publik, di antara institusi penegak hukum lainnya Kejagung juga konsisten bertengger di posisi teratas dalam setahun terakhir ini.

Jika pada temuan Februari lalu angkanya baru menyentuh 68 persen, memasuki April meningkat menjadi 69 persen.

“Ini menempatkan Kejaksaan Agung tetap tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain dalam satu tahun terakhir,” tegas Djayadi saat memaparkan hasil survei bertajuk ‘Kepercayaan Publik Terhadap Lembaga Penegakan Hukum, Isu Piala Dunia U-20, Aliran Dana Tak Wajar di Kemenkeu, Dugaan Korupsi BTS, dan Peta Politik Terkini’ secara virtual, Minggu (9/4).

Dulu, Kejagung biasanya berada di paling bawah. Kini, konsisten selalu berada di atas Pengadilan, KPK dan Polri.

Survei LSI dilakukan dalam rentang 31 Maret hingga 4 April 2023, menempatkan 1.229 responden melalui sambungan telepon, dan tingkat kepercayaan mencapai 95 persen.

Menurut Djayadi, pada periode yang sama, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) sekadar mendapatkan 64 persen, sementara Kepolisian 63 persen. “Temuan ini kembali menempatkan Kejaksaan dengan tingkat kepercayaan tertinggi di antara lembaga penegak hukum lain,” ungkap Djayadi.

Kendati demikian, Djayadi menjelaskan, terkait tren survei kepercayaan publik terhadap kinerja lembaga, secara umum cenderung stabil atau mengalami penurunan. Namun, hal berbeda berlaku bagi Kepolisian, pengadilan, dan Kejaksaan Agung.

“Secara umum kepercayaan terhadap lembaga penegak hukum mengalami peningkatan, kecuali KPK,” kata Djayadi.

Dalam temuan LSI, tingginya kepercayaan publik terhadap lembaga pimpinan ST Burhanuddin juga berkaitan dengan penegakan hukum. Dalam kategori ini, Korps Adhyaksa tetap berada di posisi tertinggi, dengan tingkat kepercayaan mencapai 72 persen.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
banner 728x90