banner 728x90

Pencipta Lagu “Widuri” Adriyadie Sampaikan 5 Aspirasi BCI ke Pasangan AMIN

JAKARTA — Pencipta lagu terkenal Widuri, Slamet Adriyadie, mewakili para pencipta lagu yang tergabung di Bela Cipta Indonesia (BCI) menyampaikan 5 (lima) aspirasi ke Pasangan Calon Presiden Anies Baswedan dan Calon Wakil Presiden Muhaimin Iskandar (Anies-Muhaimin/AMIN).

Aspirasi para musisi dan pencipta lagu yang tergabung dalam Bela Cipta Indonesia (BCO) itu disampaikan saat momentum Deklarasi Satgas Emak-Emak Konsorsium Relawan Nusantara (KREN) The President Center untuk Perubahan di Jakarta, Minggu (5/11/2023).


Salah satu aspirasi BCI yang dibacakan oleh pencipta lagu Widuri itu berisi tentang perlunya penyediaan rumah murah untuk para pencipta lagu. (Simak lima butur aspirasi BCI di akhir naskah ini, red).

Aspirasi pencipta lagu itu disampaikan kepada Pasangan AMIN melalui Tim Pemenangan AMIN, Marwan Dasopang didampingi Caleg DPRD DKI Jakarta Dapil Jakarta Pusat dari PKB, Nana Mardiana yang hadir dalam Deklarasi Satgas Emak-Emak Konsorsium Relawan Nusantara (KREN) The President Center untuk Perubahan.

Marwan Dasopang yang juga Wakil Ketua Komisi VIII DPR RI dari Fraksi PKB merespon positif aspirasi yang disampaikan para pencipta lagu. Menurutnya permintaan pencipta lagu bukan muluk-muluk, dan tidak terlalu sulit untuk direalisasi.

“Kami akan sampaikan aspirasi ini kepada pasangan capres-cawapres AMIN. Masalah kesejahteraan pencipta lagu akan menjadi perhatian. Ini masalah keberpihakan,” tegas pria berdarah Batak dari Tapsel itu.

5 (Lima) Butir Aspirasi yang disampaikan Adriyadie didampingi pencipta lagu Yonni Doris, Ketua BCI (Bela Cipta Indonesia) sebagai berikut:

Pertama, agar nanti jika AMIN terpilih sebagai Presiden-Wakil Presiden 2024-2029 dapat merevisi Undang Undang Hak Cipta Nomor 28 Tahun 2014 maupun peraturan turunannya yang dapat mendorong peningkatan hak ekonomi (Royalti) masyarakat pencipta lagu yang transparan, berkeadilan dan mensejahterakan, serta melindungi hak-hak para pencipta lagu.

Kedua, agar dapat segera membuat aturan tentang Merchanical Right (penggandaan/pentranmisian) secara lebih rinci agar tidak merugikan masyarakat pencipta lagu dan untuk memperoleh kepastian hukum guna memperoleh hak moral dan hak ekonomi.

Ketiga, agar dapat memberikan Fasilas Pengadaan Rumah Murah yang layak huni untuk para pencipta lagu mengingat para pencipta lagu masih kurang memperoleh perhatian selama ini.

Keempat, agar dapat memberikan Jaminan Kesehatan dan Bantuan Sosial kepada masyarakat pencipta lagu yang kurang beruntung.

Kelima, diharapkan dapat mendorong transparansi pengelolaan pembagian royalti melalui pengawasan, sosialisasi tentang royalti, dan mendukung penyediaan sistim informasi (data base) agar mampu menghadirkan pembagian royalti yang benar sesuai dengan hak kepada masyarakat pencipta lagu, agar para pencipta lagu dapat menikmati hak ekonomi dari hasil karyanya.

Yonni Doris, pencipta lagu Buaya Buntung, adik Almarhum Deddy Doris selaku Ketua BCI menyebutkan penyampaian aspirasi merupakan upaya BCI dalam rangka melindungi, mengayomi dan mensejahterakan para pencipta lagu.

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
banner 728x90