banner 728x90
Berita  

UKM-IKM Nusantara dan LIRA News Buka Jaringan Ekspor ke Amerika dan Eropa

Washington DC, MitraKepolisian – UKM-IKM Nusantara bersama LSM LIRA dan LiraNews membuka jaringan perdagangan produk UKM hingga ke Amerika Serikat dan Eropa.

Ketua Umum UKM- IKM Nusantara, Hj. Chandra Manggih Rahayu yang juga menjabat sebagai Bendahara Umum DPP Perkumpulan Perusahaan Media Online Indonesia (MOI) dan pengurus media LiraNews melakukan kunjungan langsung ke pusat-pusat pengembangan bisnis di Amerika Serikat selama satu bulan, yakni pada November hingga Desember 2021.

“UKM IKM Nusantara didukung LSM LIRA sudah empat tahun Go To Ekspor, dan kami terus berproses. Saya ke USA (Amerika Serikat) ini adalah sebagai upaya menembus dan memperluas pasar global supaya program berkelas dunia dan go to ekspor semakin wujudkan. Pengembangan di Amerika Serikat ini adalah langkah awal untuk memperluas jaringan ekspor ke Eropa,” jelas Chandra Manggih.

Selain itu, lanjut Chandra Manggih, UKM IKM Nusantara juga bekerjasama dengan Kementerian Desa PDTT, Kementerian Sosial, Kemenkop dan sejumlah pemerintah daerah, dalam rangka fokus pengembangan UKM IKM Nusantara go to ekspor.

Chandra Manggih juga menjelaskan Program UKM Go To Ekspor yang dijalankan UKM IKM Nusantara telah didukung dan mendapat surat rekomendasi dari Kemenkop UKM yang ditandatangani oleh Sekretaris Menteri Koperasi dan UKM, Arif Rahman Hakim.

“Adapun produk unggulan dari UKM IKM Nusantara yang kami tawarkan adalah produk olahan pangan dan minuman,” ungkapnya.

Minggu depan, tutur Chandra Manggih, UKM-IKM Nusantara dan LiraNews juga akan bertemu dengan KBRI Washington DC Amerika Serikat, sehingga akan memperlancar produk Indonesia masuk pasaran global dan diaspora.

Hj. Chandra Manggih Rahayu

“Baru saja kami ketemu perwakilan Wali Kota Jakarta Pusat, dimana kita akan kerjasama untuk pelatihan Bakeri,” ungkap Chandra.

Selain itu, Chandra Manggih juga sudah menjalin komunikasi dan kerja bersama dengan PT. KAI serta difasilitasi Kemenkop membuka gerai UKM di beberapa Provinsi di Indonesia.

” Kita juga akan lakukan Kuliner Nusantara Expo pada Januari 2022 di Pasar Minggu, Jakarta Selatan,” lanjutnya.

Dengan gerak kemajuan dan langkah-langkah progresif ini, Chandra Manggih yakin para pelaku UKM akan semakin maju. Kemudian Liranews media akan menjadi salah satu pusat informasi yang dapat mendukung pergerakan pelaku UKM di Indonesia, sehingga produk para UMKM bisa tersampaikan kepada khalayak luas.

“Dan sebagaimana arahan Presiden LSM LIRA Bapak Jusuf Rizal bahwa LIRA sebagain pendukung UMKM bukan hanya menjadi lumbung informasi, tapi kekuatan informasi dari LIRA juga mendukung pergerakan kemajuan UMKM. Perkembangan produk dan pemasaran UMKM hingga keluar negeri dapat termonitor dan tersampaikan kepada khalayak luas, ” tandas Chandra Manggih.

banner 728x90