banner 728x90

Pj. Bupati Buol Bacakan Pidato Menteri Nadiem di Upacara Hardiknas

BUOL – Penjabat (Pj) Bupati Buol M. Muchlis mbacakam teks pidato Menteri Pendidikan Nadiem Makarim saat upacara Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) Tahun 2023 di halaman Kantor Dinas Pendidikan Kabupaten Buol, Selasa (2/5/2023).

Menteri Nadiem mengajak seluruh rakyat Indonesia untuk merayakan transformasi pendidikan yang masif dan memperkuat gerakan Merdeka Belajar.

Menteri Nadiem menyoroti bahwa 24 episode Merdeka Belajar yang sudah diluncurkan berhasil membawa Indonesia semakin dekat dengan cita-cita luhur Ki Hajar Dewantara, yaitu pendidikan yang menuntut bakat, minat, dan potensi peserta didik agar mampu mencapai keselamatan dan kebahagiaan setinggi-tingginya sebagai seorang manusia dan sebagai anggota masyarakat.

Selain itu, anak-anak Indonesia sekarang dapat belajar dengan lebih tenang karena aktivitas pembelajaran mereka dinilai secara lebih holistik dari gurunya sendiri.

Para kepala sekolah dan kepala daerah juga dapat menggunakan data Assesmen Nasional di platform Rapor Pendidikan untuk melakukan perbaikan kualitas layanan pendidikan.

Menteri Nadiem juga menekankan bahwa Kurikulum Merdeka yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengembangkan karakter dan kompetensi, telah membawa perubahan pada seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang sekarang fokus pada mengukur kemampuan literasi dan bernalar.

Dalam hal pendanaan, pencairan langsung dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) dan Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) ke sekolah dan pemanfaatannya yang lebih fleksibel memberikan keleluasaan bagi sekolah untuk meningkatkan kualitas pembelajaran.

Selain itu, perluasan program beasiswa membuat kesempatan untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi lebih terbuka.

Dukungan dana padanan untuk mendanai riset juga telah melahirkan begitu banyak inovasi yang bermula dari kolaborasi. Selain itu, mekanisme Dana Indonesiana yang fleksibel dapat mewadahi gagasan-gagasan kreatif para seniman dan pelaku budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya hebat yang mendukung pemajuan kebudayaan

“Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksikan kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi juga setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil.

Dengan merefleksikan hal-hal yang telah kita lakukan sepanjang tiga tahun terakhir, kita dapat merancang arah perjalanan kita kedepan guna memastikan keberlangsungan dan keberlanjutan Gerakan Merdeka Belajar,” pesan Menteri Nadiem dalam sambutannya yang dibacakan oleh Pj. Bupati Muchlis.

Menteri Nadiem menegaskan bahwa perjalanan harus terus dilanjutkan agar semua anak bangsa merasakan kemerdekaan dengan sebenar-benarnya dalam belajar dan bercita-cita.

“Layar yang sudah kita bentangkan jangan sampai terlipat lagi. Kita semua, para pendidik dan tenaga kependidikan, seniman dan pelaku budaya, juga peserta didik di seluruh penjuru Nusantara, adalah kapten dari kapal besar yang bernama Indonesia ini,” tutupnya.

Upacara Hardiknas ini dihadiri oleh Pj. Bupati Buol, jajaran Forkopimda, Sekretariat Daerah, para Asisten Sekretariat Kab. Buol, para pimpinan OPD, pengurus PGRI, Kepala SD dan SMP se-Kabupaten Buol, Perwakilan siswa-siswi SD dan SMP Kabupaten Buol, panitia Hardiknas 2023 serta insan pers.*

Mau punya Media Online sendiri?
Tapi gak tau cara buatnya?
Humm, tenang , ada Ar Media Kreatif , 
Jasa pembuatan website berita (media online)
Sejak tahun 2018, sudah ratusan Media Online 
yang dibuat tersebar diberbagai daerah seluruh Indonesia.
Info dan Konsultasi - Kontak 
@Website ini adalah klien Ar Media Kreatif disupport 
dan didukung penuh oleh Ar Media Kreatif
banner 728x90